Contoh RPP PJOK I Lembar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
WEBSITEEDUKASI.COM
Muatan Pelajaran : PJOK
Kelas / Semester :
I / 1 (Ganjil)
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman
Baru
Materi Pembelajaran : Gerak Dasar Jalan
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 90 Menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Memahami prosedur gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.1 Mempraktikkan gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
·
Siswa menyimak informasi dan peragaan
materi tentang gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat,
berderap, skipping, slidding dan
memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan. ·
Siswa mencoba dan melakukan
gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan
konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan secara berulang-ulang. ·
Siswa mendapatkan umpan balik
dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru. ·
Siswa memperagakan
hasil belajar gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional (kucing dan tikus, menjala ikan, dan lain-lain)
dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, tanggung jawab, sungguh-sungguh, dan
kerja sama. ·
Hasil belajar siswa dinilai
selama proses dan di akhir pembelajaran |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:
1.
Siswa
menyimak informasi dan peragaan materi tentang gerak berjalan, berlari,
melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan konsep
gerak keberbagai arah dan kecepatan.
2.
Siswa mencoba
dan melakukan gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap,
skipping, slidding dan memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan
secara berulang-ulang.
3.
Siswa
mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.
4.
Siswa
memperagakan hasil belajar gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional (kucing dan tikus, menjala ikan, dan
lain-lain) dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, tanggung jawab,
sungguh-sungguh, dan kerja sama.
5.
Hasil belajar
siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
D.
Materi
Pembelajaran.
Bergerak Bersama Teman
·
Gerak Dasar Jalan
·
Gerak dasar lari
·
Gerak dasar lompat
·
Gerak dasar loncat
·
Gerak dasar berjingkat
·
Gerak dasar berderap,
·
Gerak dasar skipping
·
Gerak dasar slidding
·
Memadukan konsep gerak
E. Metode Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning,
demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F.
Mediadan Alat/Bahan Pembelajaran
· Laptop dan Infocus
· Powerpoint Materi Pembelajaran
· Gambar, foto, video
· Spidol dan whiteboard
G.
Sumber Pembelajaran
· Buku Guru Tematik Kelas I, Kemendikbud, Revisi 2017.
· Buku Siswa Tematik Kelas I, Kemendikbud, Revisi 2017.
· Buku referensi lain yang relevan
· Lingkungan setempat
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
|
|
|
Guru Orientasi ·
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa. ·
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu datang paling awal
( Menghargai
kedisiplinan siswa ) ·
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap
saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita. ·
Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. ·
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas ·
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. ·
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin,
kerjasama,
danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. Aperpepsi ·
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. ·
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. ·
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan Motivasi ·
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari ·
Apabila
materi tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sesuai tema ·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung ·
Mengajukan
pertanyaan Pemberian Acuan ·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. ·
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung ·
Pembagian
kelompok belajar ·
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran |
30 menit |
Kegiatan Inti |
Materi : Bergerak Bersama Teman |
|
Sintak
Model Pembelajaran Stimulation |
KEGIATAN LITERASI ·
Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan
tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh
dll). ·
Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak
siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: -
apa yang tergambar pada
sampul buku? -
apa judulbuku? -
kira-kira buku ini
menceritakan apa? -
pernahkah kamu membaca judul
seperti itu? -
apa saja yang kamu ingin
ketahui dari buku ini? ·
Guru membacakan cerita pada buku dan menunjukkan ekspresi dan intonasi yang
sesuai. Siswa menyimak dengan seksama. ·
Setelah guru membacakan buku,
siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas
berwarna. ·
Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan salah
satu lagu anak-anak. ·
Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai
dengan kerja keras. ·
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi :Bergerak Bersama Temandengan cara : Ø
Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video
yang relevan Ø
Mengamati Lembar kerja materi :Bergerak
Bersama Teman pemberian contoh-contoh materi :Bergerak
Bersama Temanuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb Ø
Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan
di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Bergerak
Bersama Teman Ø
Menulis Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait :Bergerak Bersama Teman Ø
Mendengar Pemberian materi :Bergerak
Bersama Temanoleh
guru Ø
Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : :Bergerak
Bersama Teman ·
Siswa diajak untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi ·
Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan
tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari daerah di Indonesia.
Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti
irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama
dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni yang indah ·
Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi
dan bermain peran |
165 menit |
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK) Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi : :Bergerak
Bersama Teman yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas
dan belajar sepanjang hayat |
|
Data
|
KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian ·
Mengamati
dengan seksama materi sub :Bergerak Bersama Temanyang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya Membaca sumber lain selain buku
teks ·
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi :Bergerak
Bersama Temanyang sedang dipelajari Aktivitas ·
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi :Bergerak
Bersama Temanyang sedang dipelajari Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber ·
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi :Bergerak Bersama Temanyang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan ·
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi :Bergerak Bersama Teman Mengumpulkan informasi ·
Mencatat
semua informasi tentang materi :Bergerak Bersama Temanyang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar Mempresentasikan ulang ·
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri sub tema :Bergerak Bersama Temansesuai dengan
pemahamannya Saling tukar informasi tentang materi: ·
:Bergerak
Bersama Teman dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat |
|
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang data dari Materi : :Bergerak Bersama Teman mengolah informasi dari materi :Bergerak
Bersama Temanyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja. peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai materi :Bergerak Bersama Teman |
|
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : :Bergerak Bersama Teman antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik. |
|
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi tentangmateri :Bergerak Bersama Temanberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi : :Bergerak Bersama Teman Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi :Bergerak Bersama Temandan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan Bertanya atas presentasi tentang
materi :Bergerak Bersama Temanyang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. CREATIVITY (KREATIVITAS) Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi : :Bergerak Bersama Teman Menjawab pertanyaan tentang
materi :Bergerak Bersama Temanyang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi :Bergerak Bersama
Temanyang akan selesai dipelajari Menyelesaikan uji kompetensi
untuk materi :Bergerak Bersama Temanyang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran |
|
Catatan
: Selama pembelajaran berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan |
||
Penutup |
·
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang
telah berlangsung ; Ø
Apa saja yang telah dipahami siswa? Ø
Apa yang belum dipahami siswa? Ø
Bagaimana perasaan selama pembelajaran? Materi
tentang sub tema: yang baru dilakukan ·
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. ·
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran
pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua ·
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap Disiplin,
kerjasama, dan syukur ·
Siswa menyanyikan lagu gembira ·
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas. ·
Mengingatkan
siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang belajar tetap bersih
dan mencuci tangan dengan sabun ·
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15 Menit |
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
… |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
… |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan
untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya:
Nama yang
diamati : ...
Pengamat : ...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat
lampiran)
2.
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat
lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
3.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah
skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan
sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
4.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat
berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor
sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
5.
PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan
sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media
pembelajaran.
J. Sumber dan
Referensi
Buku Guru PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013
Buku Siswa PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) NIP.
...................................... |
|
………., ……….20.. Guru PJOK Kelas I (Paulinus Janur,S.Pd) NIP.
....................................... |
Catatan Kepala Sekolah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...........................................
Komentar
Posting Komentar