Contoh RPP PJOK I Lembar

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)


Satuan Pendidikan       :  SDN WEBSITEEDUKASI.COM
Muatan Pelajaran         :  PJOK
Kelas / Semester          :  I / 1 (Ganjil)
Tema 1                                    :  Diriku
Sub Tema  1                :  Aku dan Teman Baru
Materi Pembelajaran    :  Gerak Dasar Jalan
Pembelajaran ke          : 2
Alokasi waktu              : 
90 Menit

 

A.       Kompetensi Inti (KI)

 

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur,   disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1    Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1    Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

·         Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan.

·         Siswa mencoba dan melakukan gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan secara berulang-ulang.

·         Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.

·         Siswa memperagakan hasil belajar gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (kucing dan tikus, menjala ikan, dan lain-lain) dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, tanggung jawab, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

·         Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:

1.      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan.

2.      Siswa mencoba dan melakukan gerak berjalan, berlari, melompat, loncat, berjingkat, berderap, skipping, slidding dan memadukan konsep gerak keberbagai arah dan kecepatan secara berulang-ulang.

3.      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.

4.      Siswa memperagakan hasil belajar gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (kucing dan tikus, menjala ikan, dan lain-lain) dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, tanggung jawab, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

5.      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

 

D.       Materi Pembelajaran.

Bergerak Bersama Teman

·           Gerak Dasar Jalan

·           Gerak dasar lari

·           Gerak dasar lompat

·           Gerak dasar loncat

·           Gerak dasar berjingkat

·           Gerak dasar berderap,

·           Gerak dasar skipping

·           Gerak dasar slidding

·           Memadukan konsep gerak

 

 

 

E.       Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran        :  Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning, demonstrasi.

Pendekatan Pembelajaran   :  Saintifik

 

F.        Mediadan Alat/Bahan Pembelajaran

·      Laptop dan Infocus

·      Powerpoint Materi Pembelajaran

·      Gambar, foto, video

·      Spidol dan whiteboard

 

G.      Sumber Pembelajaran

·      Buku Guru Tematik Kelas I, Kemendikbud, Revisi 2017.

·      Buku Siswa Tematik Kelas I, Kemendikbud, Revisi 2017.

·      Buku referensi lain yang relevan

·      Lingkungan setempat

 

H.      Langkah-langkah Pembelajaran

 

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

 

 

 

Guru

Orientasi

·         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.

·         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu datang paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )

·         Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita.

·         Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.

·         Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas

·         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

Aperpepsi

·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.

·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan

Motivasi

·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari

·         Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sesuai tema

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

·         Mengajukan pertanyaan

 

Pemberian Acuan

·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

·         Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

·         Pembagian kelompok belajar

·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

 

30 menit

Kegiatan Inti

Materi : Bergerak Bersama Teman

 

Sintak Model Pembelajaran

 

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

·         Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).

 

·         Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

-       apa yang tergambar pada sampul buku?

-       apa judulbuku?

-       kira-kira buku ini menceritakan apa?

-       pernahkah kamu membaca judul seperti itu?

-       apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?

·         Guru  membacakan cerita pada buku dan  menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.

·         Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.

·         Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan salah satu lagu anak-anak.

·         Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.

 

·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi :Bergerak Bersama Temandengan cara :

Ø  Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan

Ø  Mengamati

Lembar kerja materi :Bergerak Bersama Teman

pemberian contoh-contoh materi :Bergerak Bersama Temanuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Ø  Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Bergerak Bersama Teman

Ø  Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait :Bergerak Bersama Teman

Ø  Mendengar

Pemberian materi :Bergerak Bersama Temanoleh guru

Ø  Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

:Bergerak Bersama Teman

·         Siswa diajak untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi

·         Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari daerah di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni yang indah

·         Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran

165 menit

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

:Bergerak Bersama Teman

 

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat

 

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

·         Mengamati dengan seksama materi sub :Bergerak Bersama Temanyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya

Membaca sumber lain selain buku teks

·         Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi :Bergerak Bersama Temanyang sedang dipelajari

 

 

Aktivitas

·         menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi :Bergerak Bersama Temanyang sedang dipelajari

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

·         mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Bergerak Bersama Temanyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

·         Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi :Bergerak Bersama Teman

Mengumpulkan informasi

·         Mencatat semua informasi tentang materi :Bergerak Bersama Temanyang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Mempresentasikan ulang

·         Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema :Bergerak Bersama Temansesuai dengan pemahamannya

Saling tukar informasi tentang materi:

·         :Bergerak Bersama Teman

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat

 

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

:Bergerak Bersama Teman

mengolah informasi dari materi :Bergerak Bersama Temanyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Bergerak Bersama Teman

 

 

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

:Bergerak Bersama Teman

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

 

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentangmateri :Bergerak Bersama Temanberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

:Bergerak Bersama Teman

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  :Bergerak Bersama Temandan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

Bertanya atas presentasi tentang materi  :Bergerak Bersama Temanyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

:Bergerak Bersama Teman

Menjawab pertanyaan tentang materi  :Bergerak Bersama Temanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  :Bergerak Bersama Temanyang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  :Bergerak Bersama Temanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

 

Catatan : Selama pembelajaran  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Penutup

·            Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;

Ø  Apa saja yang telah dipahami siswa?

Ø  Apa yang belum dipahami siswa?

Ø  Bagaimana perasaan selama pembelajaran?

Materi tentang sub tema:

yang baru dilakukan

 

·           Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.

·           Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua

·           Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur

·           Siswa menyanyikan lagu gembira

·        Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan

kelas.

·           Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun

·           Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 Menit

 

I. Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

75

75

50

75

275

68,75

C

2

...

...

...

...

...

...

...

 

Keterangan :

   BS : Bekerja Sama

   JJ : Jujur

   TJ : Tanggun Jawab

   DS : Disiplin

 

Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100        = Sangat Baik

75          = Baik

50          = Cukup

25          = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

 

 

 

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

 

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

 

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

 

4

...

100

 

 

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:

 

Nama yang diamati       : ...

Pengamat                       : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

 

450

90,00

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100

 

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

 

100

4

Marah saat diberi kritik.

100

 

5

...

 

50

 

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

 

-        Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)

2.      Pengetahuan

-        Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)

-        Tertulis Uraian(lihat lampiran)

-        Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

 

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

25

50

75

100

1

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelafalan

 

 

 

 

3

Kelancaran

 

 

 

 

4

Ekspresi

 

 

 

 

5

Penampilan

 

 

 

 

6

Gestur

 

 

 

 

 

-        Penugasan(lihat lampiran)

Tugas Rumah

a)      Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b)      Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c)      Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian

 

3.      Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100      =   Sangat Baik                                           50 =   Kurang Baik

75            =   Baik                                                  25 =   Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

Keterangan :

100      =   Sangat Baik                                           50 =   Kurang Baik

75        =   Baik                                                      25 =   Tidak Baik

 

 

 

-        Penilaian Proyek(lihat lampiran)

Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll

-        Penilaian Produk(lihat lampiran)

-        Penilaian Portofolio

 

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

4.      Pembelajaran Remedial

Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

 

5.      PembelajaranPengayaan

Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

 

J. Sumber dan Referensi

Buku Guru PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013

Buku Siswa PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

 

(                                         )

          NIP. ......................................

 

………., ……….20..

Guru PJOK Kelas I

 

 

 

 

(Paulinus Janur,S.Pd)

            NIP. .......................................

 

 

Catatan Kepala Sekolah

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...........................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERTAHAN DI TANAH RANTAU ATAU BALIK KAMPUNG HALAMAN?